Exit Jangan lupa klik Like/Suka ya Sob biar update terus.. widget by : suketiawan
Anda disini » Home » , » Gending Upacara Pernikahan Adat Jawa

Gending Upacara Pernikahan Adat Jawa

Sebelum Membaca, Ayo Berbagi :
Gending-gending pengantin atau musik untuk iringan upacara pernikahan Adat Jawa ini kami persembahkan bagi Anda yang ingin mempelajari atau menggemari gending-gending jawa, sebagai wujud Nguri-uri Kabudayan, upaya melestarikan kebudayaan.

download mp3 gending pengantin adat jawa
Untuk itu, kami bagikan gending iringan upacara pernikahan beserta urutan pemutaran dalam resepsi pernikahan jawa sebagai berikut:
  1. Pengantin wanita keluar menuju kursi pengantin (kanggo ngetokake manten putri mlebu neng kursi temanten) diiringi gending Ldr Sekartejo. 
  2. Pengantin pria keluar menuju gapura pengantin (Gending kanggo ngetokake temanten kakung neng ngarep keron (gapuro manten) diiringi gending Ldr Wilujeng.
  3. Kedua mempelai dipertemukan (Iringan Kanggo nemokake pengantien kekalih) diiringi gending Ket Kodok Ngorek.
  4. Setelah kedua mempelai dipertemukan, kemudian kedua orang tua (bapak-ibu) mengantarkan kedua mempelai menuju kursi pengantin. (Upacara manten temu wis rampung banjur ibu bapake ngiringake manten neng kursi pengantien kekalih) diiringi gending Ket Larasmoyo.
  5. Kedua mertua menuju kursi besan, di samping kursi pengantin (Iringan kanggo besan mlebu neng kursi besan) diiringi gending Ket Tirtokencono.
  6. Setelah itu, kedua mempelai sembah sungkem meminta restu pada orang tua (bapak-ibu) (Sak banjure pinangantien kekalih sungkem marang bapak ibu) dengan iringan gending Ketawang Mijil Wigaringtyas.
  7. Subomanggolo dan Putri Domas masuk ke gapura pengantin (Subomanggolo mlebu diiring karo putri domas neng gapuro temanten) diiringi Gending Ayak-Ayakan 
  8. Kedua pengantin masuk, untuk mengenakan pakaian Kasatriyan diiringi oleh Subomanggolo dan Putri Domas. (Pinangantien kekalih ganti busono kasatriyan di iringke subomanggolo karo putri domas) diiringi dengan Gending Ketawang Langengito
  9. Kedua mempelai keluar ke kursi pengantin. (Pinangantien kekalih mlebu maneh neng kursi temanten). Diiringi gending Ketawang Subokastowo 
  10. Subomanggolo dan Putri Domas keluar menuju kedua pengantin. (Metune subomanggolo karo putri domas neng asrama pengantien) Diiringi gending Dolanan Lelagon Gelang Kalung 
  11. Setelah semua upacara selesai, tamu undangan pulang (Budaling tamu undangan) Diiringi gending Ldr Gleyong 
  12. Gending sebagai iringan pembawa acara (MC) (Gending kanggo ngiringi protokol) Ketawang Santimulyo 
Semua gending-gending di atas adalah sebagaian dari sekian banyak gending yang dimainkan dalam upacara adat pernikahan Jawa. Jalannya upacara adat pernikahan jawa juga tergantung pada acara yang dibawakan oleh protokol (MC) yang biasanya dibawakan oleh seorang Dalang. 

sumber


Attention
PLEASE ATTENTION !

Untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami . Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya thanks

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!
Absen dulu sebelum masuk
 

my yahoo

Total Pageviews

Kunjungan hari ini

twittercounter

follow me on twitter
Home | About Us |Contact Us | Advertise with Us | Free Blogger Templates | Widget | Site Maps
Copyright © 2010 - 2012. suketiawan.blogspot.com - All rights reserved | Proudly Powered by Blogger.com
Website Design by SUKETIAWAN | Sponsored by www.kent.prasetiyamandiri.com