Exit Jangan lupa klik Like/Suka ya Sob biar update terus.. widget by : suketiawan
Anda disini » Home » , » Tips Hemat Baterai BlackBerry

Tips Hemat Baterai BlackBerry

Sebelum Membaca, Ayo Berbagi :
6ad9307d4d20abadb180bea30440aa04
Salah satu masalah yang seringkali ditemukan pada smartphone saat ini adalah cepatnya baterai terkuras  selama penggunaan smartphone. Hal tersebut tak lain disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kinerja smartphone yang begitu hebatnya, sistem yang semakin rumit hingga transaksi data yang aktif demi memastikan pengguna tetap mendapatkan update dari internet secara real time.

Begitu pula yang terjadi pada BlackBerry, smartphone yang masih populer di tanah air ini memang punya musuh klasik bernama baterai boros. Namun hal tersebut bukan tanpa solusi, karena beberapa hal berikut bisa membantu Anda mendapatkan suplai daya dalam waktu yang lebih lama.

1. Pilih operator yang tepat

Operator yang Anda gunakan secara tidak langsung juga berperan akan ketahanan baterai BlackBerry Anda. Usahakan untuk memilih operator yang memiliki jaringan paling stabil di area Anda. Hal tersebut bisa terindikasi dari kuatnya sinyal yang di tampilkan indikator. Operator yang memiliki jaringan yang buruk akan memaksa ponsel untuk mencari sinyal yang berujung pada banyaknya daya yang digunakan.

2. Ubah jaringan ke 2G

Ketika tidak membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi, sebaiknya ubah jaringan 3G ke 2G. Anda akan tetap mendapatkan update seperti email masuk atau push notification lain dalam jaringan ini, namun transfer rate yang rendah pada jaringan 2G tentu saja membutuhkan pasokan daya yang lebih sedikit. Dan lagi jaringan 2G biasanya relatif lebih stabil dibanding 3G.
Pengaturan untuk memaksa BlackBerry tetap menggunakan jalur 2G bisa ditemukan  pada menu Options> Networks and Connection> Mobile Network.  Ubah pilihan network mode menjadi 2G.

3. Matikan aplikasi yang berjalan di background

Seringkali pengguna keluar dari aplikasi yang digunakan hanya dengan menekan tombol end call. Cara ini sejatinya tidak benar-benar menghentikan aplikasi. Artinya ruang pada memori RAM masih aktif digunakan demikian pula prosesor yang bekerja lebih keras, dan kedua hal tersebut tentu membutuhkan daya yang lebih besar.
Anda bisa menggunakan fitur application switcher untuk melihat apa saja aplikasi yang masih berjalan di background dengan menekan tombol menu > Switch Application atau tahan tombol menu beberapa saat.
Masuk ke aplikasi yang akan dimatikan, tekan tombol menu pilih close atau exit. Beberapa aplikasi yang tertampil pada Application Switcher tidak bisa dimatikan misalnya Home, Browser, Phone, Messages dan BBM.

4. Gunakan pouch/sarung BlackBerry

Pouch bawaan ataupun buatan pihak ketiga yang didesain khusus untuk BlackBerry biasanya dilengkapi magnet yang akan membuat smartphone masuk ke mode standby yang juga akan mematikan layar. Perlu diketahui, layar merupakan salah satu sektor yang paling banyak memakan daya baterai.
Blackberry Storm Pouch
5. Atur kecerahan layar

Daya besar yang digunakan untuk layar adalah untuk menghidupkan backlight layar yang mempengaruhi tingkat kecerahan  (brightness). Dan semakin tinggi tingkat brightness, semakin tinggi pula daya yang dikonsumsi.
Untuk itu sebaiknya atur tingkat brightness layar ke level yang rendah namun tetap nyaman untuk melihat gambar yang tertampil di layar.

Pengaturan brightness tersedia pada menu Options> Display> Screen Display. Selanjutnya Anda dapat menyesuaikan Backlight Brightness.

6. Manfaatkan fitur auto on-off

BlackBerry dilengkapi fitur auto on/off secra default fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur agar BlackBerry hidup atau mati pada waktu yang ditentukan. Selain dapat digunakan agar tidak mengganggu waktu istirahat Anda, fitur ini juga membuat BlackBerry tidak mengkonsumsi daya saat tidak diperlukan misalnya di tengah malam.
Fitur ini tersedia pada menu Options> Devices> Auto On/Off.
Tandai (centang) pilihan enable untuk mengaktifkan fitur ini,  kemudian atur waktu saat Anda menginginkan BlackBerry mati (off) dan hidup (on) secara otomatis. Jika sudah tekan tombol back> Save untuk menyimpan pengaturan.

Pengaturan juga memisahkan antara weekdays (senin-jumat) dan weekend (sabtu-minggu) untuk memudahkan pengguna yang memiliki waktu istirahat berbeda pada kedua waktu tersebut.

7. Gunakan theme bawaan

BlackBerry memiliki banyak sekali pilihan theme menarik yang siap di unduh dari AppWorld. Asyiknya, banyak theme yang menggunakan wallpaper animatif (dengan gambar bergerak) yang diantaranya bisa didapatkan gratis.
Namun penggunaan theme dengan wallpaper animatif sebenarnya meningkatkan pekerjaan ponsel dan tentunya membuat ponsel mengkonsumsi daya lebih besar.

Jadi sebaiknya gunakan theme bawaan atau theme lain yang lebih sederhana.

8. Sesuaikan pengaturan profil

Anda juga bisa melakukan beberapa penyesuaian pada profil yang digunakan agar lebih irit baterai.
Pertama, Anda bisa menyesuaikan volume suara nada dering agar tidak terlalu keras namun tetap terdengar ketika ada panggilan masuk.
Matikan juga notifikasi melalui lampu LED, karena biasanya tidak banyak menolong selama nada dering Anda masih aktif.
Terakhir, sebaiknya matikan semua notifikasi suara, LED dan getar untuk email, SMS, BlackBerry Messenger, kalender, dan aplikasi lainnya yang memiliki push notification. Ketika ada pesan yang masuk, Anda tetap dapat mengetahuinya melalui layar pada notification center atau tanda pada ikon aplikasi yang menerima pesan.
9. Matikan fungsi yang tidak dibutuhkan

Beberapa fungsi terkadang dibiarkan aktif meski sedang tidak dibutuhkan. Misalnya wifi, jika fungsi ini diaktifkan BlackBerry secara berkala akan melakukan pemindaian (scanning) untuk menemukan jaringan wifi yang tersedia dan hal tersebut tentunya menggunakan daya baterai.

Wifi bisa di matikan melalui pilihan manage connection yang bisa diakses dengan menyentuh area yang menunjukkan jam di homescreen. Di pilihan ini juga Bluetooth bisa dinonaktifkan saat tidak digunakan.
Suara yang terdengar ketika Anda menekan tombol pada keypad juga bisa dimatikan melalui menu Options> Typing and Language>Keyboard. Kemudian hilangkan centang pada pilihan Key Tone.

Fitur lain yang bisa dinon aktifkan adalah GPS yang pengaturannya tersedia pada menu Options> Device> Location Setting. Ubah pilihan Location Services menjadi Location Off.


Attention
PLEASE ATTENTION !

Untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami . Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya thanks

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!
Absen dulu sebelum masuk
 

my yahoo

Total Pageviews

Kunjungan hari ini

twittercounter

follow me on twitter
Home | About Us |Contact Us | Advertise with Us | Free Blogger Templates | Widget | Site Maps
Copyright © 2010 - 2012. suketiawan.blogspot.com - All rights reserved | Proudly Powered by Blogger.com
Website Design by SUKETIAWAN | Sponsored by www.kent.prasetiyamandiri.com